Permainan Go-Taru, Edukasi Peduli Lingkungan Jadi Lebih Asyik

03 September 2021 20:00

GenPI.co Jogja- Empat Mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menghadirkan permainan edukatif Go-Taru.

Go-Taru merupakan papan permainan edukasi pelestarian satwa dan lingkungan yang dikolaborasikan dengan aplikasi dan Augmented Reality (AR).

Permainan edukatif ini dirilis oleh tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang kewirausahaan UGM.

Adapun mahasiswa itu yakni Muhammad Farel Rafifawwas, Kirana Maharani, Aditya Ramadhan, dan Muhammad Ridwan.

Go-Taru dibuat sebagai upaya kampanye terhadap kepedulian satwa dan lingkungan.

Tidak seperti permainan papan biasa, Go-Taru memberikan sentuhan teknologi sebagai wujud mengikuti perkembangan zaman.

Permainan edukatif ini terdiri atas beberapa komponen, yaitu papan permainan berkonsep adventure map berupa puzzle, kartu permainan, bidak karakter, dan aplikasi Go-Taru.

Dalam kartu permainan edukatif Go-Taru dibagi menjadi 4 jenis yakni kartu satwa, kartu sampah, kartu ilmu, dan kartu kesempatan.

“Masing-masing kartu merepresentasikan materi edukasi perihal satwa dan lingkungan,” kata Muhammad Farel Rafifawwas selaku ketua tim, dalam keterangan tertulisnya Jumat (3/9).

Menurut Farel, ide pembuatan Go-Taru dilatarbelakangi atas kekhawatiran tim atas fenomena-fenomena punahnya satwa akibat kerusakan lingkungan.

Oleh karena itu edukasi lingkungan perlu ditanamkan sejak dini, salah satunya melalui media pembelajaran interaktif.

Media pembelajaran interaktif dipilih karena dinilai lebih menyenangkan.

Sedangkan nama Go-Taru sendiri dikutip dari kata ‘go’ dan ‘kalpataru’ dengan harapan permainan edukatif ini mampu mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

“Kami juga bekerja sama dengan Lembaga atau komunitas pecinta lingkungan untuk bersama-sama mengkampanyekan pentingnya edukasi lingkungan,” ucapnya. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Redaktur: Ridho Hidayat

BERITA TERKAIT

Copyright © 2024 by GenPI.co JOGJA